AKAOGAS Rayakan Penutupan Peserta Training PHE NSO dan Penyerahan Sertifikasi BNSP

Lhokseumawe – Akademi Keterampilan Petrokimia dan Migas (AKAOGAS) merayakan penutupan peserta training dan pemberian sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk skema Sistem Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada bidang Operator Forklift, Juru Ikuat (Rigger), Pengawas Scaffolding, dan Operator Scaffolding.

Peserta yang mengikuti training berasal dari pekerja kontrak PHE NSO dan masyarakat umum. Training yang telah berlangsung selama ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi peserta untuk menjadi ahli dalam bidang masing-masing.

Skema SKKNI Operator Forklift membekali peserta dengan pengetahuan tentang prinsip pengoperasian forklift, penanganan muatan, serta keselamatan kerja yang terkait. Sementara itu, peserta skema Juru Ikuat (Rigger) dilatih dalam pengikatan dan pengangkatan beban menggunakan peralatan khusus.

Skema Pengawas Scaffolding memberikan pemahaman kepada peserta tentang konstruksi, pengawasan, dan pemeliharaan scaffolding, sedangkan skema Operator Scaffolding melatih peserta dalam pemasangan, pembongkaran, dan penggunaan scaffolding secara aman.

Ir. Muzakkir Budiman, ST, MBA, selaku Direktur AKAOGAS, mengucapkan selamat kepada semua peserta yang telah menyelesaikan training dan memperoleh sertifikasi BNSP. Ia menyampaikan apresiasi atas kerja keras dan dedikasi peserta dalam menyelesaikan program pelatihan ini.

Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya juga tidak lupa disampaikan oleh sosok Direktur AKAOGAS kepada PHE NSO Lhokseumawe yg telah mempercai lembaga AKAOGAS untuk melakukan training dan sertifikasi kompetensi kepada karyawannya.

“Iya kami merasa sangat bangga melihat adanya kemajuan dan peningkatan kompetensi yang telah ditunjukkan oleh para peserta AKAOGAS. Melalui sertifikasi BNSP ini, mereka telah membuktikan kemampuan dan kualifikasi mereka dalam bidang operator forklift, juru ikuat, pengawas scaffolding, dan operator scaffolding,” Pungkas Muzakkir Budiman.

Muzakkir Budiman juga berharap “Melalui pelatihan dan sertifikasi ini, kami berharap peserta dapat mengembangkan potensi mereka, meningkatkan profesionalisme, dan berkontribusi secara signifikan dalam lingkungan kerja mereka. Kami berharap sertifikasi ini akan membuka pintu bagi peluang karir yang lebih baik”.

Peserta training berasal dari pekerja kontrak PHE NSO dan masyarakat umum, menunjukkan partisipasi yang luas dari berbagai latar belakang. Ini menegaskan komitmen AKAOGAS untuk memberikan pelatihan berkualitas dan kesempatan yang setara bagi semua individu yang tertarik untuk meningkatkan keterampilan mereka di industri migas.

Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian sertifikasi BNSP. Ujian ini bertujuan untuk menguji pengetahuan dan keterampilan peserta sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan dalam SKKNI. Peserta yang lulus ujian akan diberikan sertifikat yang diakui secara nasional, menjadi bukti bahwa mereka memiliki kualifikasi dan kemampuan yang sesuai dengan persyaratan industri.

Dengan penutupan peserta training AKAOGAS dan pemberian sertifikasi BNSP, peserta yang telah lulus ujian dan memperoleh sertifikat diharapkan dapat melangkah maju dalam karir mereka sebagai Operator Forklift, Juru Ikuat (Rigger), Pengawas Scaffolding, dan Operator Scaffolding yang terampil dan berkualitas.

AKAOGAS tetap berkomitmen untuk melanjutkan program pelatihan dan sertifikasi dalam bidang migas untuk memenuhi kebutuhan industri dan mendukung pengembangan tenaga kerja yang berkualitas di Indonesia.

AKAOGAS melatih peserta dalam bidang pengetahuan dan keterampilan industri yang dapat memenuhi kebutuhan kerja di pabrik atau industri petrokimia, minyak, dan gas yang saat ini tersedia di Aceh, provinsi lain di Indonesia, maupun di luar negeri.

Lokasi pelatihan AKAOGAS berada di Jalan Merdeka Barat, Gampong Mon Geudong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, sementara praktik dilakukan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun, Lhokseumawe.

Perusahaan AKAOGAS berkomitmen untuk melahirkan Perserta yang berkompeten sebagai Operator forklif , Rigger, operator scaffolding dan pengawas scaffolding. Sehingga peserta dapat mengimplementasikan ilmunya di perusahaan tempat peserta bekerja.

AKAOGAS juga mengharapkan kepada Perusahaan-perusahaan lain  khususnya di Aceh untuk mensertifikasi karyawan mereka ke AKAOGAS dari pada mengirim keluar Aceh yang dapat menambah cost lebih besar.

Bagi putra-putri bangsa yang tertarik dan ingin mempersiapkan diri untuk bekerja di industri petrokimia, minyak, dan gas serta memperoleh sertifikat BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) di bidang keahlian tertentu, kunjungi segera situs web www.akaogas.com.

Segera daftarkan diri sebagai peserta pelatihan melalui tautan https://bit.ly/FormTrainingAkaogas atau hubungi melalui Call/WA: 081320777026 untuk informasi selanjutnya.